Skip to main content

Cara membuat Fingerprint laptop dangan Fingerprint External

Assalamualaikum wr.wb.

Halo semua.. Di thread kali ini kita mau sharing nih tentang penggunaan fingerprint eksternal dilaptop. Kalian penasaran? Yuk check pembahasannya...

Membuat Fingerprint di laptop dengan Fingerprint eksternal

Tidak dipungkiri di zaman sekarang ini semua akses masuk sudah banyak yang menggunakan fingerprint, mulai dari membuka kunci handphone, membuka kunci rumah, sampai ke gembok pun ada yang menggunakan fingerprint.

Laptop dizaman sekarang pun gak mau kalah sama perkembangan handphone yang sudah menggunakan teknologi fingerprint dan sekarang sudah banyak kita temui laptop-laptop sudah mendukung teknologi fingerprint ini.
Fingerprint Laptop

Tapi bagi kita yang sudah punya laptop tapi ingin juga merasakan teknologi fingerprint di laptop kita tanpa harus beli laptop baru lagi bisa ko.. Kita masuk ke caranya..

1. Membeli Fingerprint scanner external

 
Fingerprint Eksternal

Nama barangnya adalah Sunrose FP100. Karena barangnya sulit dicari di indonesia, waktu itu kami membeli barang ini dari e-commerce luar Aliexpress seharga 200rb-an. Untuk link pembeliannya kalian bisa klik link Disini. Kalo kalian ga tau cara belinya, dipostingan berikutnya kita akan bahas mengenai cara membeli barang di online shop luar. 

2. Install Driver

Setelah kalian membeli fingereprint scannernya, kalian bisa pasangkan perangkatnya ke port usb laptop atau komputer kalian, setelah itu kalian diharuskan untuk menginstall drivernya. Kalo gk di install gimana gan? Nanti dia gk kebaca di laptop kalian sehingga tidak bisa digunakan. Tenang ko saya cantumin link download drivernya.

Link download driver fingerprint :
Windows 32 bit : Klik disini
Windows 64 bit : Klik disini

Sebelum di install, kalian ekstrak dulu drivernya, lalu kalian jalankan Setup.exe nya. Untuk cara installnya gampang kok, kalian tinggal next2 aja. 




Kalo udah selesai installnya, alangkah baiknya kalian restart dulu ya laptop kalian.

3. Daftar fingerprint

Kami merekomendasikan bagi kalian yang mau coba fingerprint ini pake Windows 10 yaa.. Biar lebih mudah daftarnya. Sebelumnya kalian diharuskan punya akun microsoft ya untuk set up Windows Hellonya jadi kalo yang belum punya bisa bikin akunnya.

Cara daftarnya mudah ko kayak fingerprint di handphone.. 
  1. Ketik "Fingerprint" dikolom pencarian, nanti akan muncul "Set up fingerprint sign-in". Setelah di klik, kalian akan langsung diarahkan ke menu "Sign-in Option" pada bagian Account.
  2. Klik opsi "Windows Hello Fingerprint", lalu klik "set up".
  3. Klik "Get started".
  4. Daftarkan jari kalian, sentuh-sentuh aja di fingerprint scannernya, seperti mendaftarkan fingerprint di hp.
  5. Kalo udah selesai nanti kalian disuruh Set up PIN terlebih dahulu. Fungsinya jika jari kalian tidak dikenali oleh fingerprint scannernya, yang dipakai untuk login adalah PIN kalian.
  6. Sebelum Set up PIN, kalian diminta untuk log in atau sign in ke akun microsoft terlebih dahulu. Silahkan sign in menggunakan akun Microsoft kalian, kalo belum punya kalian bisa daftar dulu disini.
  7. Baru deh kalian buat PIN baru. Jaga-jaga jari kalian gak ke detect gara2 abis makan gorengan hehe..
  8. Okee selesai deh, kalian bisa di restart dulu laptopnya dan coba login deh pake jari kalian..
Oke cukup sekian pembahasan diatas apabila masih ada yang kurang paham bisa ditanyakan ke kolom komentar, sampai jumpa di artikel berikutnya..


Penulis  : M. Fahrul Rozi
Editor    : Tegar Naufal Hanip

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih RAM agar berjalan dengan maksimal

Assalamualaikum wr. wb. Halo guys.. Di thread kali ini saya akan memberi informasi tentang memilih ram laptop agar berjalan dengan maksimal. Sebelumnya kalian tau gk ternyata ram itu ada 2 jenis loh.. Untuk laptop dan untuk komputer cara membedakannya mudah ko kita lihat dari bentuk fisiknya ya.. Dimana ram laptop lebih pendek ukurannya sementara laptop tergolong panjang. Sekarang kalian udh tau kan bedanya? Okee kita masuk ke pembahasan. Tips memilih RAM agar berjalan dengan maksimal. 1. Memastikan socket RAM  Disini kalian harus tau nih laptop kalian pake socket apa.. DDR3 Atau DDR4?? Nah gmn ngeceknya? RAM DDR4 RAM DDR3 Cara Pertama Dengan mencari di google tipe laptop kalian dan lihat spesifikasi ramnya apakah DDR3 Atau DDR4. Website Resmi Lenovo Cara Kedua Dengan menggunakan Aplikasi CPU-Z. Link Download Aplikasi CPU-Z Cara Ketiga Dengan membongkar langsung dan lihat RAM-nya DDR berapa. Isi didalam cover RAM Leno